Cara Mengembalikan GRUB Linux Yang Hilang Setelah Install Windows

- Maret 29, 2018
Cara Mengembalikan GRUB Linux Yang Hilang Setelah Install Windows - GRUB (Grand Unified Bootloader) merupakan bootloader yang digunakan oleh sistem operasi berbasis GNU/Linux. Dengan adanya Grub, user bisa memilih untuk booting ke operating system mana saja yang sudah terinstall di komputer, opsi ini akan muncul ketika kita menyalakan komputer apabila didalam komputer tersebut terdapat lebih dari satu operating system, baik linux dengan linux, maupun linux dengan windows.

Namun masalah biasanya muncul apabila kita dualboot dengan windows. Misalnya saja, sebelumnya dilaptop sudah terinstall Ubuntu, lalu kita menginstall operating system lain yaitu Windows 7, setelah instalasi selesai biasanya begitu kita menyalakan laptop maka secara otomatis akan langsung masuk  (booting) ke windows 7.

Masalah ini terjadi karena grub bootloader linux ubuntu tertimpa oleh MBR windows dan menyebabkan hilangnya grub bootloader ubuntu, untuk memperbaikinya kita hanya perlu menginstall ulang grub bootloadernya saja tanpa harus meng-install ulang ubuntunya.

Pertama, siapkan terlebih dahulu CD / USB bootable linux (ubuntu), kemudian lakukan booting melalui CD/USB bootable yang sudah dibuat sebelumnya, apabila sudah berhasil booting, kita harus mengecek di lokasi mana partisi ubuntu berada menggunakan perintah sudo fdisk -l melalui console terminal.

Cara Mengembalikan GRUB Linux Yang Hilang Setelah Install Windows

Dari screenshoot diatas bisa dilihat bahwa partisi utama atau partisi /root linux ubuntu saya berada di partisi /dev/sda1, nah di partisi itulah nantinya kita install grubnya, dikomputer sobat mungkin saja letak partisinya berbeda, jadi ya disesuaikan saja sob.

Mengatasi GRUB Linux Yang Hilang Setelah Install Windows

Setelah mengetahui letak partisi linux (ubuntu) nya, sekarang kita lakukan mount dengan perintah berikut.

$ sudo mount /dev/sda1 /mnt

Setelah berhasil di mount, sekarang kita install Grub ke partisi yang sudah di mount tadi.

$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

Terakhir, lakukan update grub dengan perintah.

$ sudo update-grub

Dengan langkah-langkah diatas seharusnya kita sudah berhasil menginstall ulang grub bootloadernya, namun apabila sobat belum beruntung, maka akan menemui error lain misalnya saja muncul pesan error /usr/sbin/grub-probe: error: failed to get canonical path of `aufs'.

Gak perlu panik sob, untuk mengatasinya silahkan jalankan perintah-perintah dibawah ini secara berurutan satu persatu melalui console terminal.

$ sudo mount /dev/sda1 /mnt
$ sudo mount --bind /dev /mnt/dev
$ sudo mount --bind /proc /mnt/proc
$ sudo mount --bind /sys /mnt/sys
$ sudo chroot /mnt
# update-grub
# grub-install /dev/sda
# grub-install --recheck /dev/sda
# exit
$ sudo umount /mnt/dev
$ sudo umount /mnt/proc
$ sudo umount /mnt/sys
$ sudo umount /mnt
Kalau sudah silahkan jalankan perintah sudo update-grub lagi, apabila langkah-langkah diatas sudah benar maka akan muncul pesan seperti ini.

Found Windows 7 (loader) on /dev/sda3

Namun apabila masih muncul pesan error /usr/sbin/grub-probe: error: failed to get canonical path of `aufs' jangan panik lagi sob, tetap tenang, karena dengan langkah-langkah diatas sebetulnya kita sudah berhasil menginstall ulang grub linuxnya, hanya saja bootloader windows belum dikenali ketika kita mengjalankan perintah update-grub.

Solusinya, silahkan restart komputer sobat, maka secara otomatis akan langsung booting ke ubuntu, setelah berhasil booting ke ubuntu barulah sobat buka console terminal dan jalankan perintah.

$ sudo update-grub

Dan hasilnya bootloader windows 7 sudah berhasil dikenali seperti terlihat pada screenshoot dibawah ini, untuk memastikan silahkan reboot komputer sobat dan cek apakah ketika proses booting komputer sobat berhasil menampilkan pilihan operating system yang akan dibooting pada grub atau tidak.

Cara Mengembalikan GRUB Linux Yang Hilang Setelah Install Windows

Sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat sob.
Terima kasih.


Advertisement
Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search