Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA

- April 05, 2018
Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA - JDK atau Java Development Kit merupakan software yang digunakan untuk membuat program atau aplikasi berbasis pemrograman Java. Bagi sobat yang akan mempelajari pemrograman java maka menginstall JDK adalah wajib hukumnya.

Dengan JDK, maka kita bisa membuat program dengan bahasa Java, melakukan compile (kompilasi) dan juga debugging yaitu memeriksa error pada program / aplikasi yang kita buat. Setelah menginstall JDK kita juga perlu menginstall JRE (Java Runtime Environment) yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa Java.

Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA

Di Linux sendiri, kita bisa memilih apakah ingin menginstall OpenJDK ataupun Oracle JDK, namun pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan instalasi Oracle JDK melalui repository PPA.

Untuk menginstall Oracle JDK maka sobat perlu menambahkan repository PPA Oracle, setelah itu lakukan update repository, caranya ketikkan perintah dibawah ini melalui console terminal.

$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
$ sudo apt-get update

Setelah itu install JDKnya, berikut perintah untuk menginstall Oracle JDK versi 8 (recommended).

$ sudo apt-get install oracle-java8-installer

Sedangkan apabila sobat ingin menginstall JDK versi terbaru yaitu versi 9, berikut perintah yang bisa digunakan.

$ sudo apt-get install oracle-java9-installer

Ketika proses instalasi berjalan sobat akan diminta untuk menyetujui EULA (End User License Agreement) yang bisa sobat baca di http://java.com/license, kalau sobat enggan membacanya tidak masalah sob, karna saya juga malas hehee ..

Jadi ya langsung pilih OK dan tekan Enter saja.

Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA

Selanjutnya pilih Yes untuk menyetujui Oracle Binary Code License dan tekan Enter di keyboard untuk melanjutkan proses instalasi.

Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA

Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Managing Java

Apabila sobat memiliki beberapa versi java didalam satu mesin komputer, maka sobat bisa mengatur versi default yang akan sobat gunakan sebagai kompilator (compiler), untuk menentukan versi java yang akan digunakan secara default, sobat bisa menjalankan perintah berikut melalui console terminal.

$ sudo update-alternatives --config java

Output yang ditampilkan dari perintah diatas kurang lebih seperti ini.

Cara Install Oracle JDK di Linux Ubuntu 16.04 via PPA

Dari contoh screenshoot diatas hanya ada java versi 8 saja, sedangkan apabila dikomputer sobat terdapat lebih dari satu versi java, maka akan muncul semua versi java yang telah terinstall, langsung tekan enter apabila sobat akan memilih versi current choice yang ditandai dengan bintang (*), atau sobat bisa menentukan sendiri versi java yang akan digunakan dengan mengetikkan nomor urutnya lalu tekan enter di keyboard.

Dikarenakan di komputer saya hanya tersedia java versi 8 saja, maka saya hanya memilih opsi tersebut.

Setting JAVA_HOME Environment Variable

Ada beberapa program seperti server java yang menggunakan variable JAVA_HOME Environment untuk menentukan lokasi instalasi java, jadi kita harus menentukan secara manual letak dari instalasi java yang kita gunakan, tentunya dengan cara mencari tahu letak instalasinya terlebih dahulu menggunakan perintah.

$ sudo update-alternatives --config java

Kemudian copy path JDKnya, lalu buka file /etc/environment menggunakan teks editor, misalnya saja nano.

$ sudo nano /etc/environment

Lalu tambahkan path JDK yang sudah kita setting default diakhir baris file tersebut.

JAVA_HOME="/usr/lib/jvm/java-8-oracle"

Simpan lalu keluar, kemudian reload file /etc/environment dengan perintah berikut.

$ source /etc/environment

Sekarang sobat sudah bisa menguji apakah variable environment-nya sudah berhasil di set atau belum dengan menjalankan perintah berikut.

$ echo $JAVA_HOME

Untuk mengetahui versi java yang terinstall sobat bisa mengetikkan perintah berikut.

java -version

Sampai disini proses instalasi Oracle JDK dan JRE sudah berhasil, dengan begitu maka sobat sudah bisa membuat aplikasi berbasis java maupun hanya sekedar menjalankan aplikasi java saja.

Untuk menguji coba apakah JDK yang diinstall sudah bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis java atau belum, sobat bisa mempelajarinya di link berikut yang menjelaskan bagaimana cara memulai pemrograman java di linux ubuntu.

Baca juga :
Cara Install IDE NetBeans di Linux Ubuntu
Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search