Cara Mudah Belajar Variabel di Python

- Juni 06, 2018
Hello semuanya terimakasih telah kembali mengunjungi blog kambingganteng.com, pada kesempatan kali ini sayang akan melanjutkan pembelajaran tentang python lagi. Terakhir itu kita baru bisa nampilin tulisan ya? gampang kan ya? eits, meskipun gampang tapi itu merupakan hal yang penting loh. Coba kamu bayangkan seandainya kamu menulis banyak kode kode, sampai ratusan baris (anggap saja benar) tetapi kamu lupa tidak melakukan print, apa yang terjadi? hasil dari semua kode itu tidak akan terlihat, artinya sama aja omong kosong.


Cara Mudah Belajar Variabel di Python

Oke, sekarang kita akan melanjutkan menuju materi Cara Mudah Belajar Variabel di Python. Variabel, apa itu? dinukil dari buku Algoritma dan Pemrograman edisi 6 yang disusun oleh Rinaldi Munir dan Leony Lidya, bahwasanya Peubah(Variabel) adalah objek yang nilainya dapat diubah-ubah oleh instruksi di dalam algoritma. Jadi, bisa kita coba ambil maksudnya yaitu Variabel merupakan penampung suatu nilai, dan nilai itu bisa diubah ubah oleh instruksi kode/algoritma program tersebut.

Gimana udah kebayang? jika belum mari langsung saja kita nulis nulis kode sambil mencoba memahami kode demi kodenya, tetap rileks dan tenang karena mudah kok belajar variabel di python itu, tidak sesulit kode kode cewek hehehe :).

Oke, sekarang coba kalian bayangkan di kulkas sisa tinggal 6 buah telur. Lalu sekarang kalian membeli lagi 2 buah telur dan menyimpannya di kulkas, jadi sekarang telur nya ada berapa? jawabannya ada 8. Kita akan coba aplikasi kan kasus ini kedalam praktik belajar variabel sekarang, silakan buka IDE Pycharm, lalu buat projek dan namai file nya bebas yang penting python file, lalu masukan kode dibawah ini.

print("Cara Mudah Belajar Variabel di Python")
print('')
kulkas = 6

print('Telur dikulkas sekarang tinggal:')
print(kulkas)
print('')
print('Setelah membeli 2 Telur, sekarang telur dikulkas tinggal:')
print(kulkas + 2)

Lalu tekan CTRL+SHIFT+F10 untuk merunning kode yang telah diletakan di text editor tersebut. Dan jika anda menyalin kode yang sama, maka anda akan melihat outputnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Belajar Variabel di Python
 
Coba kita pahami kode yang kita tulis tadi, fungsi print itu untuk menampilkan
tulisan ya, lalu print(") itu fungsinya untuk menampilkan satu baris kosong, jadi kayak ada space gitu. Lalu kita memasukan kulkas = 6, itu artinya sama dengan kasus diatas yaitu didalam variabel yang diberi nama kulkas ada 6, anggap saja 6 ini merupakan jumlah telur yang ada di kulkas. Selanjutnya kita pun melakukan print, dan fokuslah pada print(kulkas), disitu kita menampilkan isi dari variabel kulkas yaitu 6.

Lalu setelah itu, sesuai dengan kasusnya kita membeli lagi 2 telur dan memasukannya kedalam kulkas, sehingga ketika perintah print(kulkas + 2) dijalankan akan menghasilkan angka 8, sama kan dengan kasus ceritanya? ngerti kan ya? kalo ada yang gak ngerti langsung komentar aja ya.

Sebenarnya variabel ini bisa diisi oleh kata kata, simbol dll loh gak melulu harus angka tetapi untuk penamaan variabelnya tidak boleh diawali angka, boleh pake simbol tapi hanya (_) yang diizinkan, tidak boleh ada spasi, tidak boleh menggunakan kata yang memiliki fungsi khusus seperti for, while dsb, dan yang terakhir aturan untuk penamaan variabel adalah nama dan NAMA itu berbeda, dengan artian bahwa penamaan variabel itu case sensitive.

Oh iya, ada sedikit perbedaan jika isi dari variabel itu kata kata/simbol dengan digit. Coba kalian jalankan kode dibawah ini

print("Cara Mudah Belajar Variabel di Python")
print('')

nama = "FAHMI"
simbol = "------"
umur = 18

print('')

tipe_nama = type(nama)
tipe_simbol = type(simbol)
tipe_umur = type(umur)

print nama,tipe_nama
print simbol,tipe_simbol
print umur,tipe_umur

Kurang lebih penampakannya akan seperti dibawah ini

Cara Mudah Belajar Variabel di Python

Nah,kita bisa sama sama lihat dibagian type/tipe data variabel nama yang mencetak FAHMI itu merupakan str alias string, begitupun dengan simbol, tetapi berbeda dengan umur yang outputnya 18 itu type/tipe datanya int/integer. Apa itu string dan integer? jawabannya ada diartikel selanjutnya, jadi tetap setiap di blog kucingganteng.com yaa :)

Bisa kita artikan bahwa semua hal yang bertipe data string harus menggunakan tanda petik, sedangkan untuk yang bertipe data integer tidak harus menggunakan petik. Hal ini sebenarnya berlaku disemua liku pemrograman, jika kalian ingin menampilkan angka dengan perintah print maka tidak harus menggunakan petik. Tetapi, bisa saja kok kalau menggunakan petik, coba saja.

Lalu ada yang berceloteh, kalau begitu mah samain aja lah pakai petik semua biar gak ribet. Meskipun bisa saja begitu, tapi ada hal yang perlu diketahui  jika kalian memaksakan angka menggunakan petik, maka kalian telah merubah tipe datanya menjadi string. Mari kita tambahkan tanda petik untuk angka 18 pada variabel umur, lalu running kode.

Dan lihatlah outputnya menunjukkan 18<type 'str'> sama dengan variabel nama dan simbol. Lantas apasih itu string dan integer? apa fungsinya? jawabannya tetap tunggu saja di artikel selanjutnya hehehe, saya tidak ingin spoiler dulu hehehe.

Cukup panjang juga ya pembahasan ini, saya pun merasakan cukup pegal mengetiknya. Tetapi tidak mengapa, asalkan kalian semua mengerti pembahasan mengenai Cara Mudah Belajar Variabel di Python sudah terbayar rasa pegalnya ini hehehe.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan maaf bila ada salah salah kata :)
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search