-->

Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Python

- Juni 01, 2018
Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Python - Hello semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagi kalian yang ingin memulai mempelajari bahasa pemrograman Python. Pada kesempatan kali ini kita akan memulai dengan menginstall aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang akan digunakan sebagai workspace ketika kita mulai menyusun bahasa pemrograman Python. Namun sebelumnya, mari kita kenalan dulu dengan bahasa python.
Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Python

Selangkah Lebih Dekat Dengan Python

Sekilas tentang python, ia merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat atas satu atap dengan bahasa terkenal lainnya seperti Java, Fortran, PHP, Ruby dan lain-lain. Python bahasa yang diciptakan Guido Van Rossum di Amsterdam, Belanda pada tahun 1989.

Python ini dikatakan oleh pimpinan Coderdojo Indonesia yang juga pemilik pythonthusiast.com, Eko Suprapto Wibowo sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan layak digunakan sebagai bahasa pemrograman awal karena kode yang dimiliki python ini sangat mudah dimengerti dan dipahami dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Sebagai tambahan, menurut Abdul Kadir dalam bukunya Dasar Pemrograman Python 3 pada bab Dasar Python lebih tepatnya di Sub Bab 1.1 Sekilas Tentang Python, dia menuliskan bahwa Python ini bahasa yang mudah ditulis, sederhana, mudah diingat selain itu dia juga menambahkan bahwa python merupakan bahasa yang multiplatform.

Oke mungkin cukup ya kenalannya sekarang mari kita mulai menginstall Pycharm yang akan digunakan sebagai IDE untuk memulai belajar bahasa pemrograman Python. Oh iya, disini saya menggunakan sistem operasi Linux Mint ya. Jadi saya akan menuliskan langkah instalasinya berdasarkan prosedur di Linux Mint/Ubuntu, software ini support di Linux, Mac OS, dan Windows kok.

Cara Installasi Pycharm sebagai IDE Python

1. Sekarang kita tambahkan repositori PPA agar bisa menginstall Pycharm.

idris@idris ~ $ sudo add-apt-repository ppa:mystic-mirage/pycharm

Kalau ada perintah seperti ini "Press Enter to Continue or CTRL+C to cancel". Silahkan tekan enter

2. Setelah berhasil ditambahkan, sekarang silakan update repositorinya dengan menggunakan perintah berikut.

idris@idris ~ $ sudo apt update

3. Sekarang kita sudah bisa menginstal apikasi Pycharmnya, disini saya menggunakan yang versi community. Ketikkan perintah berikut untuk menginstalnya.

idris@idris ~ $ sudo apt install pycharm-community -y

4. Setelah proses instalasi selesai, kita bisa langsung menjalankan aplikasi IDE tersebut. Bisa dengan mencari manual di bagian aplikasi, atau bisa juga dengan menjalankan perintah dibawah ini melalu console terminal.

idris@idris ~ $ sudo pycharm-community

Setelah itu, aplikasi akan mulai dijalankan dan sekarang kita bisa memulai mengerjakan projek atau memulai untuk menulis baris baris kode python. Sampai sini kita sudah berhasil menginstall aplikasi Pycharm yang akan digunakan sebagai IDE ketika belajar Python.

Tutorial selanjutnya kita akan mulai menuliskan kode kode python dengan menggunakan IDE yang telah kita install tersebut. Jadi, pastikan kalian telah membookmark blog Kucingganteng.com ini agar tidak ketinggalan update terbaru. Akhir kata, saya minta maaf jika banyak kesalahan dan terimakasih telah membaca :)
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search