-->

Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016

- Juli 10, 2018
Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook - Mungkin kamu ada yang bertanya-tanya, apasih tujuannya menambahkan kontak email di microsoft outlook ? karena meskipun alamat email pengirim tidak kamu tambahkan sebagai kontak pun email yang dikirimkan oleh pengirim akan tetap masuk ke email kamu.
Ya, betul sekali. Jadi begini sob, jika email yang kamu gunakan merupakan email untuk keperluan kerja, tentu saja akan banyak sekali email yang masuk ke inbox kamu. Selain itu, kamu juga tentu saja akan sering mengirimkan email ke orang lain, nah masalah akan muncul ketika kamu akan menuliskan email baru yang akan kamu kirim kepada seseorang.
Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016
Apabila alamat tujuan tidak kamu tambahkan sebagai kontak di email kamu, maka setiap kali kamu menulis email yang akan dikirim kepada seseorang, kamu harus mengetikkan alamat email tujuan secara manual. Untuk menghindari kesalahan menuliskan alamat email tujuan sebaiknya kamu menambahkannya sebagai kontak terpercaya di email kamu.

Itulah tujuan utama menambahkan kontak email di microsoft outlook. Selain itu, menambahkan kontak email juga berguna apabila kamu akan membuat filter khusus agar email yang dikirim oleh seseorang otomatis masuk ke foldernya sendiri di inbox kamu, tutorialnya akan saya posting setelah ini.

Cara Menambahkan Kontak Email di Microsoft Outlook

Untuk menambahkan kontak email di microsoft outlook ada 2 cara yang bisa kamu coba, pertama yaitu menambahkan kontak email dari pesan masuk apabila si pengirim sudah pernah mengirimkan email ke alamat email kamu. Yang kedua yaitu menambahkan kontak email menggunakan form kontak, cara yang kedua ini bisa kamu coba apabila kontak tersebut belum pernah mengirimkan email ke alamat email kamu.

Menambahkan kontak email dari pesan masuk

Buka microsoft outlook, kemudian klik menu Inbox, lalu cari email masuk dari pengirim yang akan kamu tambahkan sebagai kontak, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Pilih pesan masuk dari pengirim yang akan kamu tambahkan sebagai kontak.
  2. Klik kanan nama atau alamat email si pengirim.
  3. Setelah klik kanan nama / alamat email pengirim, kemudian pilih Add to Outlook Contacts.
Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016
Kemudian akan muncul form add contact seperti ini, di form ini kita bisa memberikan informasi detail mengenai kontak yang ditambahkan, seperti nomor handphone, informasi pekerjaan, alamat rumah, alamat kantor bahkan hari ulang tahun, untuk menambahkannya klik saja tombol add (+) lalu masukkan informasi yang ingin ditambahkan pada kolom yang tersedia, apabila sudah selesai silahkan klik tombol Save untuk menyimpan kontak yang baru saja ditambahkan.
Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016

Cara menambahkan kontak email dengan form kontak

Cara yang kedua yaitu menambahkan kontak email melalui form kontak, cara ini bisa kamu coba apabila kontak yang akan ditambahkan belum pernah mengirimkan pesan email ke alamat email kamu sama sekali.

Cara menambahkan kontak melalui form kontak caranya cukup mudah.
  1. Pertama, klik icon People pada bagian bawah folder pane.
  2. Klik tombol New Contact 

Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016
Setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, disini kamu bisa menambahkan informasi detail mengenai kontak yang ditambahkan, kamu bisa menambahkan informasi seperti nama perusahaan, jabatan, nomor telpon, alamat website dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar dibawah, apabila informasi yang ditambahkan dirasa sudah cukup silahkan klik tombol Save & Close untuk menyimpan kontak.
Cara Menambahkan Kontak Email Baru di Microsoft Outlook 2016
Semua kontak yang sudah ditambahkan bisa kamu temukan dengan cara mengklik icon People di bagian bawah folder pane. Sampai disini kamu sudah berhasil menambahkan kontak email di microsoft outlook 2016.

Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara setting agar pesan yang dikirimkan oleh seseorang akan otomatis masuk kedalam foldernya masing-masing pada inbox email kamu di microsoft outlook. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search