Tutorial Cara Menghapus Windows Old di Windows 7

- Juli 03, 2018
Tutorial Cara Menghapus Windows Old - Folder Windows.old biasanya muncul ketika kita selesai menginstall ulang ataupun mengupgrade windows ke versi terbaru, didalam folder ini terdapat data dan juga file system windows sebelumnya, tujuannya agar apabila kamu melakukan upgrade dan proses upgrade tidak berjalan dengan baik, maka kamu bisa restore windows kamu ke versi sebelumnya.

Folder windows.old ini muncul tidak hanya ketika selesai melakukan upgrade saja, namun muncul juga ketika kita melakukan install ulang windows, kamu bisa menemukannya di partisi Local Disk (C:), biasanya folder windows.old ini memakan cukup banyak space harddisk, untuk itu sebaiknya dihapus saja apabila sudah tidak diperlukan.

Cara Menghapus Windows.old di Windows 7

Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial cara menghapus folder windows.old pada operating system Windows 7, ini karena saya baru saja menginstall ulang windows 7 yang ada di laptop saya, dan ternyata windows 7 yang sebelumnya masih bersemayam di harddisk saya padahal sudah tidak saya butuhkan lagi, hal seperti ini tentu saja cukup menganggu karena folder windows.old memakan cukup banyak space pada harddisk.

Untuk menghapus folder windows.old ini caranya cukup mudah, buka file explorer dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + E pada keyboard, klik menu Computer -> Local Disck (C:), pada Local Disk (C:) kita akan menemukan satu folder bernama Windows.old seperti gambar dibawah ini. 
Untuk menghapusnya tidak bisa dihapus begitu saja, caranya klik kanan pada area kosong lalu pilih Properties.
Kemudian akan muncul jendela baru yaitu Local Disck (C:) Properties, klik tombol Disk Cleanup.
Tool Disk Cleanup akan mulai menghitung berapa besar space pada harddisk yang bisa dibebaskan, silahkan tunggu sampai proses calculating selesai.
Kemudian klik tombol Clean up system files untuk menghapus folder windows.old yang berisi data dan juga file system windows sebelumnya, tunggu proses calculating sampai selesai.
Setelah proses calculating selesai maka akan muncul seperti dibawah ini, centang opsi Previous Windows installation(s), bisa dilihat folder windows.old pada laptop saya ternyata memakan space yang cukup besar yaitu 21.7 GB. Kemudian klik tombol OK untuk menghapusnya.
Folder windows.old akan dihapus secara permanen, artinya tidak bisa dikembalikan lagi apabila sudah dihapus, kalau kamu yakin klik tombol Delete Files.
Proses penghapusan (cleaning) sedang berlangsung, silahkan tunggu sampai proses selesai.
Kalau proses cleaning sudah selesai, silahkan cek kembali folder windows.old di Local Disk (C:), seharusnya sudah hilang dan space harddisk yang kosong akan bertambah.

Sampai disini kamu sudah berhasil menghapus folder windows.old di windows 7, kalau kamu kebetulan pengguna OS Windows 8, Windows 8.1 maupun Windows 10 tidak perlu kuatir karena caranya sama saja.

Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search