Tutorial Cara Menghapus User di Linux Beserta Direktori Homenya

- Agustus 15, 2018
Tutorial Cara Menghapus User di Linux Beserta Direktori Homenya - Melanjutkan tutorial sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara menghapus user pada sistem operasi berbasis GNU/Linux.

Tutorial Cara Menghapus User di Linux Beserta Direktori Homenya
Source : Photo by Pepsco Studio / Shutterstock.com

Di dalam sebuah sistem operasi yang memiliki multiple user account, ada kalanya kita harus menghapus salah satu user account yang ada, misalnya saja karena sudah tidak dipakai lagi.

Cara Menghapus User di Linux

Untuk menghapus user pada sistem operasi berbasis GNU/Linux, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetikkan perintah sudo deluser nama_user saja, contoh :

$ sudo deluser kucingganteng

kucingganteng adalah user yang akan saya hapus, silahkan ubah dengan nama user yang ingin kamu hapus. Perintah diatas hanya akan menghapus usernamenya saja, sedangkan berkas / file yang dimiliki oleh user tersebut dan juga direktorinya masih tetap ada.

Untuk menghapus semua berkas atau file yang dimiliki oleh user tersebut, kamu bisa menambahkan opsi --remove-all-files pada command line yang diketikkan.

$ sudo deluser --remove-all-files kucingganteng

Dengan perintah diatas maka semua berkas / file yang dimiliki oleh user kucingganteng akan otomatis dihapus, begitupun dengan home direktorinya akan otomatis terhapus juga.

Sedangkan jika kamu hanya ingin menghapus username dan juga home direktorinya saja tanpa menghapus semua file yang dimiliki oleh user tersebut maka cukup mengetikkan perintah berikut di konsol terminal.

$ sudo deluser --remove-home kucingganteng

Perintah diatas akan menghapus user berikut dengan home direktori dan juga semua file maupun folder yang ada di dalam direktori user tersebut. Sedangkan untuk file yang berada di luar direktori home user tidak akan terhapus.

Baca juga : Tutorial cara mengganti password user di linux

Sebelum menghapus username berikut dengan direktori yang dimiliki-nya, pastikan semua file yang dianggap penting sudah dibackup terlebih dahulu, ini karena semua file yang terhapus tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Demikian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search