Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux

- Desember 20, 2018
Cara Melihat Isi Folder Di Terminal Linux - Umumnya ketika kita ingin melihat isi file dari suatu folder, maka kita akan membuka jendela file explorer / file manager dengan cara mengarahkan kursor lalu klak-klik dengan mouse.

Hal itu bisa dilakukan jika komputer yang kita operasikan dilengkapi dengan tampilan GUI, tapi bagaimana jika komputer yang kita operasikan tidak memiliki tampilan GUI ? komputer server misalnya.

Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux

Cara yang bisa dilakukan tentu saja dengan mengetikkan baris perintah melalui konsol terminal, di dalam sistem operasi GNU/Linux sendiri ada banyak sekali perintah atau syntax yang bisa kita gunakan untuk mengoperasikan komputer sekalipun komputer tersebut tidak memiliki tampilan GUI.

Namun sebelum mengoperasikan komputer menggunakan baris perintah melalui konsol terminal, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu struktur direktori yang ada di dalam system operasi GNU/Linux, silahkan klik tautan di bawah untuk mempelajarinya.

Baca juga : Memahami struktur direktori pada GNU/Linux

Untuk menampilkan isi file dari suatu folder kita bisa mengetikkan perintah ls, merujuk ke panduan manualnya (man ls), perintah ls berarti list directory contents, jika diterjemahkan secara bebas artinya yaitu "daftar isi direktori", jadi sudah jelas bahwa perintah ls berfungsi untuk menampilkan daftar isi dari suatu direktori / folder.

Lalu bagaimana cara penggunaanya ? Format penulisan perintah ls yaitu sebagai berikut :

ls [OPTION]... [FILE]...

Dimana option yang tersedia yaitu :

  • -a, --all : menampilkan semua file yang ada, termasuk file yang dihidden / disembunyikan.
  • -l : menampilkan file dalam bentuk list (daftar)

Sebetulnya masih banyak option yang bisa dipakai selain dua option di atas, untuk melihatnya silahkan ketik perintah man ls, namun option yang biasa saya pakai hanya dua option itu saja, lanjuutt ..

Untuk menampilkan file yang ada di dalam suatu direktori, ketikkan perintah ls, berikut output yang ditampikan pada konsol terminal.
Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux
Gambar di atas adalah output yang ditampilkan ketika saya mengetikkan perintah ls di dalam direktori /home, perintah ls bisa diketikkan ketika kita sedang berada di dalam direktori yang dimaksud maupun di luar direktori yang dimaksud.

Contoh gambar di atas adalah ketika saya berada di dalam direktori /home, kita juga bisa menampilkan isi dari suatu direktori meskipun tidak berada di dalamnya, misalkan saya ingin melihat isi file yang ada di dalam direktori ~/Downloads, maka perintah yang saya ketikkan yaitu sebagai berikut :

ls  Downloads/

Berikut output yang ditampilkan pada konsol terminal.
Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux

Parameter Pada Perintah ls

Parameter / option pada perintah ls sebetulnya cukup beragam, namun yang paling umum dan sering digunakan hanya option "-a" (untuk menampikan semua file termasuk hidden files) dan "-l" (untuk menampilkan file dalam bentuk list atau daftar) saja, berikut penggunaan dari kedua option tersebut.

Menampilkan Semua Files Termasuk Hidden Files

Untuk menampilkan semua file termasuk file yang disembunyikan, kita hanya perlu menambahkan option "-a" setelah perintah ls, contoh.

ls -a

Berikut output yang ditampilkan pada konsol terminal.
Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux
Dari hasil output di atas bisa dilihat bahwa semua file yang ada di dalam direktori /home dapat ditampilkan termasuk file yang disembunyikan / hidden files, file yang disembunyikan ditandai dengan adanya titik (.) di depan nama filenya.

Menampilkan File Dalam Bentuk List

Parameter / option yang kedua yang biasanya digunakan setelah perintah ls adalah option "-l" yang berfungsi untuk menampilkan file dalam bentuk list atau daftar, contoh.

ls -l

Berikut hasil / output yang ditampilkan pada konsol terminal.
Cara Menampilkan Isi Folder Dengan Command Line Di Linux
Dengan menambahkan option "-l" setelah perintah ls, selain output yang ditampilkan dalam bentuk list / daftar, juga ditampilkan author atau pemilik dari file atau folder yang ditampilkan.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa opsi sekaligus di depan perintah ls, misalnya kamu ingin menampilkan semua file (termasuk hidden files) dalam bentuk daftar, maka kamu bisa mengetikkan perintah ls disertai dengan option "-la"

ls -la

Untuk mengetahui parameter / option lain yang bisa dipakai, silahkan ketik perintah man ls, man ls adalah dokumentasi mengenai perintah ls.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mempelajari cara penggunaan perintah-perintah dasar GNU/Linux.

Terima kasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search