Cara Pindah Direktori di Terminal Linux

- Desember 21, 2018
Cara Pindah Folder di Terminal Linux - Berpindah antar direktori / folder melalui konsol terminal merupakan salah satu kemampuan navigasi yang harus kamu kuasai ketika mengoperasikan komputer dengan operating system berbasis GNU/Linux.

Cara Pindah Direktori di Terminal Linux

Meskipun distro linux kamu sudah dilengkapi dengan tampilan GUI yang menarik, tapi tetap saja seorang linux user umumnya lebih nyaman mengoperasikan komputer melalui antar muka teks (CLI) melalui konsol terminal.

Hal ini karena mengoperasikan komputer dengan antar muka teks dirasa lebih cepat dibandingkan dengan mouse, misalnya saja kamu ingin memindahkan file dari satu direktori ke direktori yang lain, membuat sub-direktori di dalam direktori, menghapus direktori, mengcopy file dan lain-lain.

Baca juga : Cara Membuat Direktori Baru di Linux Melalui Terminal

Jadi kemampuan navigasi untuk berpindah direktori / folder merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus kamu kuasai, namun sebelumnya kamu harus mengerti dan memahami struktur direktori yang ada pada GNU/Linux dengan baik.

Cara Berpindah Folder di Terminal Linux

Untuk berpindah direktori / folder melalui terminal linux, kamu bisa menggunakan perintah cd, cd merupakan singkatan dari change directory, perintah ini tidak memiliki parameter atau argumen apapun yang bisa ditambahkan setelah perintah cd, jadi format penulisan perintahnya hanya seperti ini.

cd ~/Directory
cd ~/Directory/sub-directory
cd ..

Ketika pertama kali membuka konsol terminal pada linux, secara default kita akan berada di dalam direktori /home, untuk mengetahui kita sedang berada di dalam direktori mana saat ini, kamu bisa mengetikkan perintah pwd (print working directory).

kucingganteng@backbox:~$ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox:~$

Untuk menampilkan direktori yang ada, kamu bisa mengetikkan perintah ls, contohnya seperti ini.

kucingganteng@backbox:~$ ls
Documents  Downloads  Pictures  Plugins  Software  Templates
kucingganteng@backbox:~$

Oh ya, artikel yang membahas mengenai perintah ls pada GNU/Linux sudah saya bahas melalui postingan sebelumnya, kamu bisa membacanya dengan mengklik tautan di bawah.


Kembali ke topik pembahasan, misalnya saya akan berpindah ke direktori Downloads, maka perintah yang harus saya ketikkan yaitu seperti ini.

kucingganteng@backbox:~$ cd Downloads/
kucingganteng@backbox:~/Downloads$

Atau misalnya saya ingin pergi ke direktori /usr/share, maka perintahnya adalah seperti ini.

kucingganteng@backbox:~$ cd /usr/share/
kucingganteng@backbox:/usr/share$

Jika ingin berpindah ke direktori satu tingkat di atasnya, ketik perintah "cd ..", misalnya saat ini saya sedang berada di dalam direktori /usr/share, jika saya ingin pindah ke direktori /usr, maka saya cukup mengetikkan perintah cd .. saja.

kucingganteng@backbox:/usr/share$ cd ..
kucingganteng@backbox:/usr$ pwd
/usr
kucingganteng@backbox:/usr$

Untuk kembali ke direktori /home, kamu bisa mengetikkan perintah cd $HOME atau cd ~, contoh :

kucingganteng@backbox:/usr$ cd $SHOME
kucingganteng@backbox:~$ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox:~$

kucingganteng@backbox:/usr$ cd ~
kucingganteng@backbox:~$ pwd
/home/kucingganteng
kucingganteng@backbox:~$

Itulah tutorial cara berpindah direktori pada GNU/Linux melalui konsol terminal, semoga tutorial singkat ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search