Cara Menghapus File dan Folder di GNU/Linux Melalui Terminal

- Januari 03, 2019
Tutorial Cara Menghapus File dan Folder di Linux via Terminal - Menghapus file dan folder / direktori melalui terminal merupakan salah satu kemampuan yang harus kamu miliki jika kamu tertarik untuk mempelajari administrasi server pada GNU/Linux.

Cara Menghapus File dan Folder di GNU/Linux Melalui Terminal

Menghapus file maupun folder sebetulnya dapat kamu lakukan dengan cara klak klik mouse melalui file manager layaknya menggunakan Ms. Windows jika distro linux kamu sudah dilengkapi dengan antar muka grafis (GUI), namun jika komputer yang sedang kamu operasikan adalah komputer server, maka kamu harus melakukannya dengan antar muka teks (CLI), yaitu dengan mengetikkan baris-baris perintah pada konsol terminal. 

Ini karena umumnya komputer untuk server tidak dilengkapi dengan DE (Desktop Environment) yang dapat memudahkan kita mengoperasikan komputer. Namun meskipun begitu, mengoperasikan komputer dengan antar muka CLI jauh lebih cepat dan ringan, ini sebabnya komputer server mayoritas hanya mengandalkan CLI saja.

Pada artikel ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara menghapus file dan juga direktori / folder yang sudah kita buat pada tutorial sebelumnya.

Cara Menghapus File dan Folder di GNU/Linux Melalui Terminal


Menghapus File di Linux Melalui Terminal

Untuk menghapus sebuah file, apapun itu, entah itu file dokumen, audio, video, maupun software, dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah rm, rm singkatan dari remove adalah sebuah perintah pada GNU/Linux yang dapat dipakai untuk menghapus file maupun folder.

Format penulisan perintahnya yaitu seperti ini.

$ rm [FILE]...
$ rm [OPTION]... [FILE]...

Contoh saya ingin menghapus sebuah file tanpa option tambahan.

kucingganteng@backbox:~$ rm image.png

Pada beberapa kasus, terkadang kita terbentur oleh hak akses ketika hendak menghapus sebuah file, misalnya di dalam sebuah folder terdapat file dengan hak akses root (file tersebut dimiliki oleh user root) sehingga tidak bisa dihapus begitu saja, contoh :

kucingganteng@backbox:~$ rm index.php   
rm: remove write-protected regular file 'index.php'?

Untuk menghapusnya secara paksa, maka kamu bisa menambahkan option -f, --force seperti ini.

kucingganteng@backbox:~$ rm -f index.php

Menghapus Folder di Linux Melalui Terminal

Untuk menghapus folder / direktori pada GNU/Linux melalui terminal, perintah yang dipakai masih sama yaitu perintah rm, hanya saja kita perlu menambahkan option setelah perintah rm.

Menghapus folder dibedakan menjadi dua, yaitu menghapus folder kosong dan juga menghapus folder tidak kosong, yaitu folder yang di dalamnya terdapat file atau bahkan folder lagi.

Menghapus Folder Kosong

Untuk menghapus folder kosong caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan perintah berikut ini.

$ rm -d
$ rmdir


Contoh, menghapus folder kosong dengan perintah rm dan rmdir : 

kucingganteng@backbox:~$ rm -d musik
kucingganteng@backbox:~$ rmdir video

Menghapus Folder Tidak Kosong

Menghapus folder yang tidak kosong dapat dilakukan dengan perintah rm dan option tambahan yaitu -r, -R, --recursive, contoh saya ingin menghapus folder kumpulan software yang di dalamnya memiliki 2 sub-folder dan juga 1 file image.

Cara Menghapus File dan Folder di GNU/Linux Melalui Terminal

Folder yang tidak kosong seperti ini tidak dapat dihapus dengan perintah rmdir, jika saya hapus dengan perintah rmdir maka akan muncul pesan error seperti ini.

rmdir: failed to remove 'kumpulan software': Directory not empty

Untuk menghapusnya kamu bisa menggunakan perintah berikut.

kucingganteng@backbox:~$ rm -r kumpulan\ software
kucingganteng@backbox:~$ rm -R kumpulan\ software
kucingganteng@backbox:~$ rm --recursive kumpulan\ software

Gimana ? gampang kan ? cukup sampai disini tutorial singkat kali ini, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mempelajari administrasi server maupun kamu yang tertarik mempelajari command line di GNU/Linux.

Terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search