Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru di WhatsApp

- Maret 21, 2019
Cara Menonaktifkan Fitur Laporan Dibaca Pada WhatsApp – Bagi pengguna aplikasi WhatsApp tentunya sudah paham tentang tanda ceklis pada saat kita mengirim atau menerima pesan dari seseorang, tanda ceklis satu berarti pesan terkirim namun penerima sedang tidak aktif, tanda ceklis dua berarti menunjukan  bahwa pesan sudah terkirim namun penerima belum membacanya dan tanda ceklis dua berwarna biru yang berarti penerima sudah membaca pesan yang kita kirim. 

Fitur tersebut memang sangat memudahkan kita untuk mengetahui informasi pesan yang kita kirimkan apakah sudah dibaca atau belum oleh si penerima, namun dengan alasan tertentu atau karena privasi, sebagian pengguna WhatsApp tidak ingin pengirim pesan tahu bahwa pesan yang dikirimkannya sudah dibaca.

Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru di WhatsApp

WhatsApp sendiri sudah menyediakan opsi untuk mematikan fitur "Laporan dibaca" pada aplikasinya agar nantinya si pengirim pesan tidak mengetahui bahwa pesan yang dikirimkannya sudah kita baca.

Cara setting WhatsApp agar tidak menampilkan ceklis biru

Untuk menonaktifkan fitur tersebut caranya cukup mudah, pertama tentu saja kamu harus membuka aplikasi WhatsApp-nya, kemudian klik titik 3 (tiga) vertikal dipojok kanan atas.

Setelah itu akan muncul tampilan menu seperti dibawah ini,  klik menu Setelan untuk masuk ke halaman pengaturan.
Pada halaman menu Setelan terdapat beberapa parameter yang bisa kita setting, mulai dari privasi, keamanan, riwayat pesan, cadangan pesan, bahkan disini kita bisa mengganti nomor WhatsApp yang kita pakai.

Karena kita akan menonaktifkan fitur "Laporan dibaca", jadi klik saja pilihan Akun seperti yang saya tandai warna merah.
Kemudian  klik menu Privasi. Oh ya, selain menu privasi,  di menu Akun ini juga cukup banyak parameter yang bisa disetting. Mulai dari keamanan, verifikasi, ganti nomor, bahkan disini kita bisa menghapus akun WhatsApp kita sendiri.
Di dalam pengaturan privasi, kita akan menemukan menu “Laporan dibaca”, menu itulah yang harus kita ubah, untuk menonaktifkan fitur laporan dibaca tersebut langsung saja geser tombol disebelahnya.

Sekarang fitur laporan dibaca pada aplikasi WhatsApp kamu sudah dinonaktifkan, dengan begitu maka setiap orang yang mengirimkan pesan ke kontak WhatsApp kamu tidak akan mengetahui apakah pesannya sudah kamu baca atau belum.

Gambar dibawah ini merupakan contoh sebelum fitur laporan dibaca dinonaktifkan (dalam keadaan normal) dan masih ada tanda ceklis dua berwarna biru.
Dan berikut adalah contoh setelah fitur "laporan dibaca" dinonaktifkan, bisa dilihat bahwa tidak ada tanda ceklis berwarna biru meskipun pesan yang dikirim oleh orang lain sudah kita baca.
Namun kekurangannya kalau kita menonaktifkan fitur laporan dibaca pada aplikasi WhatsApp ini. Selain pengirim tidak akan tahu bahwa pesannya sudah kita baca, kita juga tidak akan tahu jika pesan kita sudah dibaca oleh orang lain, cukup fair kan ? Namun ini tidak akan berpengaruh pada saat kita mengirim atau menerima pesan di group chat.

Baca juga : 
Cara mematikan fitur auto download media pada WhatsApp
Cara install whatsapp desktop di linux ubuntu

Demikian tutorial cara mematikan fitur laporan dibaca pada WhatsApp, terimakasih dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kamu agar bermanfaat juga untuk orang lain.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search