-->

Cara Install Font di GNU/Linux

- Agustus 12, 2019
Cara Menambahkan Font di Linux - Ketika membuat dan mengetik dokumen menggunakan software pengolah kata seperti Ms. office, WPS Writer ataupun LibreOffice, penggunaan font style sangat penting sekali agar dokumen yang kita buat bisa terlihat rapi dan bagus. Kalau kamu menggunakan distro linux terkadang ada beberapa font yang secara default tidak terinstall sehingga kita tidak bisa menggunakannya.

Contohnya saya membuat dokumen menggunakan aplikasi pengolah kata WPS Writer dan ketika ingin menggunakan font Clear Sans, ternyata font tersebut tidak tersedia sehingga saya tidak bisa menggunakannya, lalu bagaimana solusinya agar saya bisa menggunakan font clear sans? tentunya saya harus menambahkan atau menginstal font yang saya butuhkan secara manual agar bisa tersebut bisa saya gunakan.

Cara Menambahkan Font di Linux

Sebetulnya menginstal font apapun di GNU/Linux caranya sama saja, yaitu  kita harus download, extract, lalu copy paste folder font yang sudah di extract, kemudian update font nya.

Sebagai contoh, pada tutorial ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menginstal font clear-sans di linux ubuntu, pertama kita download dulu fontnya disini.


Atau kamu bisa download fontnya pakai tool wget :

$ wget https://dl.static.1001fonts.net/niceid/c/l/clear-sans.zip

Kalau sudah didownload, sekarang kita extract dengan cara buka folder tempat font hasil download tadi berada, lalu klik kanan dan pilih Extract Here.
Cara Install Font di GNU/Linux
Setelah diextract, kita harus memindahkan folder font hasil extract tadi ke directory /usr/share/fonts/truetype, agar lebih mudah kita lakukan via terminal saja karena untuk memindahkan folder font tersebut ke directory /usr/share/fonts/truetype dibutuhkan privileges sebagai user root.

Buka terminal linux, kemudian ketik perintah berikut.

$ sudo mv clear-sans/ /usr/share/fonts/truetype/

Terakhir update fontnya dengan mengetikkan perintah berikut.

$ sudo fc-cache -fv

Font sudah berhasil diinstal dan kamu sudah bisa pakai font tersebut sesuai dengan kebutuhan, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search