Cara Install Google Chrome di Linux Ubuntu

- Agustus 08, 2019
Cara Install Google Chrome di Ubuntu - Kali ini saya akan membagikan tutorial ringan yaitu langkah-langkah cara install browser Google Chrome pada distro linux Ubuntu, tutorial ini sebetulnya merupakan tutorial yang basic banget dan kebetulan sudah banyak sekali tutorial-tutorial serupa yang bertebaran di Internet.
Cara Install Google Chrome di Linux Ubuntu
Tutorial ini lebih ditujukan untuk pemula yang baru menggunakan distro linux Ubuntu, meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan ada diantara sobat yang sudah lama menjadi pengguna setia distro yang satu ini namun lupa bagaimana cara instalasi browser Google Chrome di linux Ubuntu, seperti yang saya alami. 😄

Balik lagi ke topik pembahasan. Selain Google Chrome, sebetulnya ada alternatif lain yaitu Chromium browser yang tersedia untuk distro linux, Chromium sendiri merupakan web browser besutan The Chromium Project yang memiliki sifat open-source dan menjadi basis pengembangan browser Google Chrome itu sendiri.

Chromium browser sendiri sudah tersedia secara default di repository Ubuntu sehingga untuk menginstalnya cukup mudah, kamu cukup menginstalnya dengan apt-get saja melalui konsol terminal.

$ sudo apt-get install chromium-browser
Sedangkan Google Chrome secara default belum tersedia di repositori Ubuntu sehingga untuk menginstalnya kita perlu mengunduh file installernya terlebih dulu.

Download Google Chrome di Linux Ubuntu

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk mendownload file installer Google Chrome, yaitu dengan mendownloadnya langsung melalui website dan juga mendownloadnya dengan tool wget melalui console terminal.

Download Google Chrome melalui website

Kamu bisa mendownload file installer google chrome melalui website resminya, silahkan klik tautan berikut : https://www.google.com/chrome/browser/desktop/index.html.

Kemudian klik tombol Download Chrome.
Cara Install Google Chrome di Linux Ubuntu
Setelah itu nanti akan muncul pilihan paket instalasi dengan ekstensi .deb (untuk Debian/Ubuntu) dan juga .rpm (untuk Fedora/openSUSE), sedangkan pilihan arsitektur yang tersedia hanyalah 64 bit saja, ini dikarenakan Google sudah menghentikan dukungan Google Chrome untuk linux dengan arsitektur 32 bit sejak bulan Maret 2016 lalu.

Itu artinya bagi kamu pengguna distro Linux dengan arsitektur 32 bit sudah tidak bisa menggunakan browser Google Chrome lagi, solusinya ya itu tadi, pakai Chromium browser.

Setelah itu klik tombol Accept and Install untuk men-download file installernya.
Cara Install Google Chrome di Linux Ubuntu

Download Google Chrome dengan tool wget

Selain mengunduh langsung melalui situs resmi, kamu juga bisa mengunduh installer Google Chrome melalui konsol terminal dengan bantuan tool wget.

$ cd ~/Downloads
$ wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb

Tunggu sampai proses download selesai, apabila sudah berhasil didownload sekarang kita masuk ke tahap instalasinya.

Cara Install Google Chrome di Ubuntu

Pastikan kamu sudah berada di direktori tempat file installer Google Chrome tersebut berada, biasanya setiap file yang didownload dari internet akan masuk ke direktori / folder Downloads.

$ cd ~/Downloads

Kemudian lakukan instalasi dengan paket manager dpkg.

$ sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb

Google Chrome memerlukan beberapa dependensi pendukung sehingga apabila dependensi tersebut belum tersedia pada sistem, maka akan terjadi error ketika proses instalasi.

Untuk mengatasinya, jalankan perintah berikut.

$ sudo apt-get -f install

Perintah tersebut berguna untuk memperbaiki error yang terjadi ketika proses instalasi dengan cara mendownload dependensi atau paket-paket pendukung yang dibutuhkan oleh Google Chrome.

Sekarang kamu sudah bisa mejalankan browser Google Chrome di linux ubuntu dengan lancar, demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara install whatsapp desktop di linux

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search