Cara Install TeamViewer di Debian, Ubuntu dan Linux Mint

- Agustus 26, 2019
Tutorial Cara Install TeamViewer di Linux - Ada kalanya kita membutuhkan software atau fitur remote desktop untuk keperluan me-remote desktop PC server maupun PC client yang jaraknya jauh, aktivitas me-remote desktop ini biasanya dilakukan jika kita ingin melakukan konfigurasi pada PC yang kebetulan lokasinya jauh.

Pada sistem operasi berbasis GNU/Linux terutama distro linux ubuntu dan turunannya sebetulnya sudah tersedia software untuk keperluan remote desktop ini, yaitu remmina. Namun software remote desktop tersebut hanya dapat dijalankan pada distro linux saja dan tidak bisa diinstall di operating system yang lain seperti windows.
Cara Install TeamViewer di Debian, Ubuntu dan Linux Mint
Bagi kamu pengguna remote desktop teamviewer yang enggan menggunakan remmina tidak perlu kuatir karena teamviewer juga bisa kamu install di OS berbasis GNU/Linux, bagaimana caranya ? silahkan simak tutorial berikut ini sampai selesai.

Apa itu TeamViewer ?

Sebelum lanjut ke tahap instalasi teamviewer, ada baiknya saya jelaskan sedikit apa itu teamviewer. Teamviewer adalah salah satu software remote desktop yang cukup populer dan multi-platform (dapat dijalankan di berbagai sistem operasi), software ini berguna untuk keperluan remote desktop baik server maupun client dari jarak jauh seolah-olah kita sedang mengendalikan PC tersebut secara langsung.

Kenapa Harus Pakai TeamViewer ?

Sebetulnya cukup banyak software untuk keperluan remote desktop selain teamviewer, ada RDP (bawaan windows), RealVNC, UltraVNC maupun remmina remote desktop client yang dikhususkan untuk pengguna distro GNU/Linux.

Tapi kelebihan yang paling menonjol dari teamviewer adalah kita tidak membutuhkan alamat IP Publik untuk meremote komputer lain yang berada di luar jaringan, teamviewer menyediakan User ID dan password yang digenerate secara otomatis dan dengan User ID dan password tersebut kita bisa meremote komputer lain.

Kelebihan yang kedua tentunya karena teamviewer adalah software remote desktop yang cross platform, yang berarti bisa kita jalankan pada semua sistem operasi baik sistem operasi desktop (Windows, MacOS, dan GNU/Linux) maupun sistem operasi mobile seperti Android.

Cara Install TeamViewer di Debian dan Ubuntu

Pada artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi teamviewer pada distro linux ubuntu dan linuxmint, yang mana keduanya adalah turunan dari distro linux debian.

Cara Install TeamViewer di Linux 32Bit

Jika kamu masih memakai distro linux dengan arsitektur 32bit, berikut langkah-langkah instalasinya. Pertama, silahkan buka terminal linux dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+T, kemudian install gdebi package installer dengan cara mengetiikan perintah berikut ini (tapi kalau sudah ada silahkan abaikan).

$ sudo apt-get install gdebi

Download dan install teamviewer nya dengan command berikut.

$ wget https://download.teamviewer.com/download/linux/teamviewer_i386.deb
$ sudo gdebi teamviewer_i386.deb

Cara Install TeamViewer di Linux 64Bit

Kalau distro linux saya pakai arsitektur 64Bit gimana? maka kamu harus menambahkan arsitektur 32Bit (i386) terlebih dahulu dengan mengeksekusi perintah berikut melalui konsol terminal.

$ sudo dpkg --add-architecture i386
$ sudo apt-get update


Install gdebi package installer, kemudian download dan install teamviewernya dengan perintah-perintah berikut ini.

$ sudo apt-get install gdebi
$ wget https://download.teamviewer.com/download/linux/teamviewer_amd64.deb
$ sudo gdebi sudo gdebi teamviewer_amd64.deb 

Jika terjadi error pada saat proses instalasi, coba lakukan fix dengan mengetikkan perintah berikut di terminal.

$ sudo apt-get install -f
$ sudo apt-get autoremove --fix-missing

Kemudian jalankan kembali proses instalasi teamviewer dengan gdebi.

Cara Menghapus TeamViewer di Debian dan Ubuntu

Kalau sudah diinstall tapi kamu merasa kurang nyaman atau tidak cocok dengan teamviewer, kamu bisa menghapusnya dengan mudah, cukup ketikkan perintah berikut melalui konsol terminal.

$ sudo apt-get remove teamviewer*
 
Silahkan tunggu proses uninstall sampai selesai.

Demikian tutorial cara install teamviewer di debian, ubuntu dan linuxmint. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat, terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search