Cara Mematikan Paksa Aplikasi Yang Hang di Linux Dengan Perintah KILL

- Agustus 30, 2019
Cara Menutup Paksa Aplikasi Yang Hang di Linux - Untuk menutup suatu aplikasi sebetulnya kita tinggal mengklik tombol close (X) saja yang ada di pojok kanan jendela aplikasi, dengan begitu maka aplikasi yang sedang berjalan akan langsung tertutup.

Namun terkadang aplikasi yang kita jalankan mengalami crash atau hang, sehingga aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan dengan lancar dan juga tidak dapat ditutup secara normal dengan cara mengklik tombol close (X) pada jendela aplikasinya.

Satu-satunya cara untuk menghentikan secara paksa aplikasi yang hang yaitu dengan cara mengkill (membunuh) semua prosesnya yang sedang berjalan. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, bahwa setiap aplikasi yang berjalan pada sistem pasti memiliki nomor PID (Process ID) masing-masing. Sehingga dengan begitu kita bisa mengkill PIDnya agar aplikasi yang hang bisa kita tutup secara paksa, terkesan agak kasar tapi efektif.

Baca juga : Cara memantau proses aplikasi di linux dengan htop

Cara Mematikan Proses di Linux Secara Paksa

Untuk mematikan aplikasi yang hang secara paksa, kita harus mengetahui dulu PID atau Process IDnya, kita bisa mengeceknya menggunakan perintah top, htop, ps maupun pgrep melalui terminal linux.

Untuk tutorial cara mengkill aplikasi dengan htop sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, kamu bisa membacanya dengan mengklik link / tautan yang sudah saya sertakan di atas.

Cara Cek PID Dengan TOP

Sebagai contoh, disini kita akan mengkill / menutup paksa aplikasi winbox, pertama kita cari tahu dulu PIDnya menggunakan top, ketik perintah top pada konsol terminal, lalu nanti hasil outputnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Perhatikan baris yang saya tandai, dari output perintah top kita bisa mengetahui nomor PID dari aplikasi winbox yaitu 17863.
Cara Mematikan Paksa Aplikasi Yang Hang di Linux Dengan Perintah KILL
Oh ya, output yang ditampilkan oleh top ini biasanya selalu bergerak naik turun, jadi kalau kamu kesulitan menemukan Process ID dari aplikasi yang ingin kamu kill, coba pakai perintah pgrep atau ps.

Cara Cek PID Dengan PGREP dan PS

Berikut perintah untuk mengecek nomor PID menggunakan perintah pgrep melalui terminal.     

$ pgrep nama-aplikasi

Selain dengan perintah pgrep, kamu juga bisa mengecek nomor PID dari aplikasi yang ingin kamu kill dengan perintah ps seperti ini.

$ ps -aux | grep nama-aplikasi

Perhatikan output dari kedua perintah tersebut pada gambar di bawah ini, PID dari aplikasi winbox bisa kamu lihat pada kolom yang saya tandai dengan tanda panah warna kuning.
Cara Mematikan Paksa Aplikasi Yang Hang di Linux Dengan Perintah KILL
Ternyata nomor PID dari aplikasi winbox yang ditampilkan oleh perintah top, pgrep dan ps hasilnya sama, yaitu 17863, kemudian jika sudah diketahui nomor PIDnya, sekarang kita bisa mengkill nomor PID tersebut agar aplikasi bisa kita matikan secara paksa.

Cara Menutup Aplikasi Secara Paksa Dengan KILL

Kemudian kita kill PID dari aplikasi yang hang tadi agar aplikasi bisa kita tutup secara paksa, format perintahnya seperti ini.

$ kill PID

Contoh :

$ kill 17863

Atau bisa juga menggunakan perintah killall, dengan perintah ini kita bisa menutup paksa setiap aplikasi tanpa harus mencari nomor PIDnya terlebih dahulu, format perintahnya seperti ini.

$ killall nama-aplikasi

Contoh :

$ killall winbox

Dengan begitu maka setiap aplikasi bisa kita matikan secara paksa meskipun aplikasi tersebut mengalami hang dan tidak bisa diclose secara normal.

Begitulah langkah-langkah cara mematikan aplikasi yang hang di linux melalui terminal, bantu kami agar terus berkarya dengan membagikan artikel ini di akun sosial media kamu.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca 😊.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search