Cara Memutar Musik di Terminal Linux Dengan NVLC

- Agustus 12, 2019
Cara Memutar Musik Lewat Terminal Linux - Ada banyak sekali music player untuk distro linux, baik yang memakai GUI maupun music player yang dapat kita jalankan melalui konsol terminal. Misalnya saja untuk pemutar musik GUI kamu bisa pakai clementine yang cukup populer, atau kalau lebih senang putar musik lewat konsol terminal, kamu bisa coba MOC (music on console), ncmpcpp maupun NVLC.

Pada tutorial kali ini, saya akan bagikan tutorial cara memutar musik melalui terminal linux dengan nvlc. Apa itu nvlc ? nvlc adalah vlc berbasis konsol yang bisa kamu gunakan untuk memutar lagu melalui konsol terminal pada distro linux.

Untuk menggunakannya, kamu harus menginstal VLC media player, untuk distro linux ubuntu VLC ini sudah tersedia di repositori, jadi kamu tinggal install saja pakai apt-get, berikut perintahnya.

$ sudo apt-get install vlc

Tunggu proses instalasinya sampai selesai, jika sudah selesai diinstall sekarang kamu coba memutar music dengan nvlc dari terminal linux.

Memutar music di terminal linux dengan nvlc

Untuk memutar music dengan nvlc, kamu harus berpindah ke direktori tempat dimana file music yang akan diputar berada, contohnya untuk semua file musik saya taruh di direktori ~/Music.

$ cd ~/Music

Kemudian ketikkan perintah berikut di terminal linux untuk memutar musik :

$ nvlc *.mp3

Dengan mengetikkan perintah di atas, maka semua file musik yang ada dalam satu directori akan diputar secara berurutan.
Cara Memutar Musik di Terminal Linux Dengan VLC
Berikut parameter yang bisa kamu gunakan untuk memutar musik di terminal linux dengan nvlc, atau tekan tombol "h" for help, pada keyboard.
q, Q, Esc              Quit
s                      Stop
<space>                Pause/Play
f                      Toggle Fullscreen
n, p                   Next/Previous playlist item
[, ]                   Next/Previous title
<, >                   Next/Previous chapter
<left>,<right>         Seek -/+ 1%
a, z                   Volume Up/Down
m                      Mute
Sebetulnya banyak sekali media player berbasis console yang bisa kita install di sistem operasi GNU/Linux seperti MOC (music on console) dan ncmpcpp, tapi menurut saya nvlc jauh lebih simple dan lebih praktis digunakan dibandingkan media player berbasis console yang lain.

Demikian tutorial cara kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search