-->

Cara Mengatasi System Program Problem Detected di Ubuntu

- Agustus 09, 2019
Cara Mengatasi System Program Problem Detected di Ubuntu - Artikel ini merupakan artikel yang sebelumnya saya posting di blog www.dodiventuraz.net, namun saya pindahkan ke blog ini karena blog dodiventuraz.net akan saya fokuskan untuk membahas materi jaringan komputer dan network security.
Cara Mengatasi System Program Problem Detected di Ubuntu
Akhir-akhir ini sering muncul pesan error System Program Problem Detected di Ubuntu 16.04 LTS yang saya pakai, awalnya saya kira hanya pesan error biasa yang hanya muncul sekali saja, tapi ternyata pesan error ini selalu muncul ketika saya menyalakan laptop dan tentu saja ini sangat menggangu, setelah googling sana sini akhirnya saya menemukan solusi yang sangat simple nan jitu dan akan saya share di tutorial kali ini.

Penyebab terjadinya System Program Problem Detected

Apabila kamu menyalakan laptop lalu kemudian menemukan pesan error System Program Problem Detected yang muncul di desktop, itu biasanya disebabkan karena adanya beberapa program yang crash pada system linux ubuntu kamu, tapi jangan kuatir karena error yang terjadi bukan lah sesuatu yang fatal dan tentunya kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu

Cara memperbaiki System Program Problem Detected

Pertama kita cek dulu program atau aplikasi apa yang crash / error, kita bisa mengeceknya di direktori /var/crash, buka terminal linux ubuntu kamu kemudian ketikkan perintah :
cd /var/crash

Kemudian ketikkan perintah ls untuk menampilkan program atau aplikasi yang error.
Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu
Setelah mengetahui ternyata memang ada program atau aplikasi yang mengalami crash di system ubuntu, selanjutnya kita hapus saja semua program yang crash tadi dengan perintah berikut.
sudo rm /var/crash/*

Pastikan semuanya sudah terhapus dengan perintah di atas, untuk memastikannya kamu bisa mengetikkan perintah ls lagi, kalau sudah tidak ada program yang crash monggo lanjut ke tahap berikutnya.
Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu
Sebetulnya dengan cara diatas permasalahnya sudah clear, tapi kalau ada program atau aplikasi yang crash lagi maka notifikasi System Program Problem Detected akan muncul kembali setiap kali kamu menyalakan laptop, lalu bagaimana solusinya ? 

Kita bisa mematikan nofitikasinya dengan masuk ke system apport, buka file apport dengan teks editor :
sudo gedit /etc/default/apport

Kemudian kita edit bagian enable=1 menjadi enable=0, setelah itu klik save untuk menyimpan perubahan konfigurasi.
Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu
Terakhir, restart system apport dengan perintah $ sudo service apport restart seperti gambar dibawah.
Cara mengatasi system program problem detected di ubuntu
Kalau kamu  ingin memastikan penyakitnya sudah sembuh atau belum, coba restart ubuntunya, kalau notifikasi tersebut sudah tidak muncul lagi berarti penyakitnya sudah berhasil diobati.

Oh ya, saran saya, kalau kamu mengalami problem seperti ini, sebaiknya kamu klik tombol Repot problem untuk melaporkan masalah ini ke developer sebelum memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Tujuannya yaitu untuk melaporkan bug yang muncul di sistem linux kita ke developernya, dengan begitu secara tidak langsung kita sebetulnya sudah ikut berkontribusi untuk memperbaiki error yang terjadi pada sistem linux yang kita gunakan.

Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search