Memantau Proses Sistem di Linux Dengan Htop

- Agustus 29, 2019
Monitoring System dengan Htop di Linux - Setiap aplikasi yang dijalankan pada komputer bisa kita pantau untuk mengetahui seberapa besar aplikasi tersebut memakan space Memory dan juga CPU. Selain itu, setiap aplikasi yang berjalan memiliki PID (Process ID), dengan begitu maka kita bisa menutup paksa aplikasi tersebut dengan meng-kill Process IDnya jika ternyata aplikasi tersebut memakan resource yang berlebihan.

Jika kamu pengguna sistem operasi Windows, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Task Manager. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi utility yang berguna untuk memantau setiap proses yang berjalan, jika ada proses dari aplikasi mencurigakan yang tidak dikenal, maka kita bisa menghentikan paksa melalui task manager.

Nah, di sistem operasi berbasis GNU/Linux juga ada aplikasi serupa yang fungsinya untuk memantau setiap proses yang berjalan pada komputer. Ada yang menggunakan GUI seperti Gnome System Monitor, KsysGuard, XFCE Task Manager dan ada juga yang berbasis CLI seperti PS, PSTREE, TOP dan HTOP.

Pada artikel ini saya akan membahas satu aplikasi utility untuk memantau / memonitor proses yang berjalan pada linux yang dapat dijalankan melalui konsol terminal, yaitu htop.

Apa itu Htop?

Htop adalah sebuah aplikasi utility yang berfungsi untuk memantau proses sistem dan mengelola proses yang sedang berjalan pada sistem linux. Htop dirancang sebagai alternatif dari aplikasi lain yang masih serupa, yaitu Top.

Fungsi Htop dengan Top kurang lebih sama. Namun yang membedakan keduanya yaitu Htop jauh lebih interaktif dan lebih mudah digunakan, hal ini dikarenakan Htop lebih user friendly dan sudah mendukung pengoperasian mouse meskipun Htop berjalan pada konsol terminal. Informasi yang bisa ditampilkan pada Htop mulai dari CPU usage, Memory, Swap, Uptime dan tentunya semua proses yang sedang berjalan.

Htop tidak termasuk ke dalam paket aplikasi default, jadi kamu harus menginstalnya dulu sebelum menggunakan htop ini. Untuk kamu pengguna distro linux basis Debian dan Ubuntu, kamu bisa menginstalnya dengan apt-get melalui terminal.

$ sudo apt-get install htop

Tunggu proses instalasi sampai selesai, ukurannya tidak terlalu besar dan hanya memakan space harddisk 189 KB saja. Kalau sudah selesai di install ketikkan perintah htop di terminal langsung dan akan muncul tampilan htop seperti gambar dibawah.
Memantau Proses Sistem di Linux Dengan Htop
Gunakan tombol panah atas/bawah untuk memilih proses yang sedang berjalan, kamu juga bisa meng-kill atau mematikan proses yang sedang berjalan dengan cara menseleksinya dan menekan tombol F9 di keyboard lalu tekan tombol Enter.

Selain itu, ada beberapa fungsi tombol yang bisa digunakan :

F1 : manampilkan bantuan
F2 : Setup
F3 : Search / mencari proses yang berjalan dengan mengetikkan nama proses nya
F4 : Filter / menampilkan proses berdasarkan kelompok nama
F5 : Tree / menampilkan proses dengan diagram tree atau pohon
F6 : Sort By / menampilkan proses berdasarkan kolom tertentu
F7 : Nice
F8 : Nice
F9 : Kill / mematikan proses yang berjalan
F10 : Quit / keluar dari htop

Demikian langkah-langkah memantau proses sistem di linux dengan htop, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara mematikan aplikasi yang hang di Linux dengan perintah KILL

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search