Cara Membuka File ePub di Linux

- September 30, 2019
Cara Membuka File ePub di Linux - EPUB merupakan format file standar terbuka untuk buku digital atau e-book yang dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF).  Pada umumnya e-book biasanya menggunakan format pdf (Portable Document Format) dan bisa dibuka dengan software pdf viewer.

Namun membaca e-book dengan format pdf menurut penulis kurang nyaman dikarenakan file berformat pdf cenderung kaku dan tidak responsif, maksudnya adalah teks pada e-book tidak bisa menyesuaikan ukuran layar secara otomatis.

Nah, salah satu kelebihan format ePub ini adalah memungkinkan teks pada e-book bisa menyesuaikan dengan layar secara otomatis, misalnya kita membuka file ePub dengan smartphone, notebook maupun tablet, maka teks dari e-book yang kita baca otomatis mengikuti ukuran layar device yang kita gunakan.

Menarik bukan? pada kesempatan kali ini saya akan memposting tutorial bagaimana membuka file berformat ePub pada sistem operasi berbasis GNU/linux, sebetulnya ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuka file ePub pada linux, namun di tutorial ini saya hanya akan membahas salah satu saja yaitu Calibre.

Sebelum membahas cara instalasi calibre di linux dan juga membuka file ePub dengan calibre, berikut adalah tampilan dari software calibre ketika membuka file e-book berekstensi .epub.
Cara Membuka File ePub di Linux

Cara Install Calibre di GNU/Linux

Kebetulan OS yang saya pakai yaitu Ubuntu 16.04 LTS, dan calibre sudah tersedia di repository ubuntu, jadi untuk menginstalnya pun cukup mudah tinggal buka terminal dan ketikkan perintah berikut pada terminal :

$ sudo apt-get install calibre

Tunggu proses instalasi sampai selesai.

Cara Membuka File ePub Dengan Calibre

Jika sudah berhasil diinstall, sekarang kamu bisa membuka file e-book berformat .ePub menggunakan software calibre, berikut langkah-langkahnya.

Silahkan buka file manager kemudian masuk ke folder tempat dimana file ePub tersebut berada, kalau sudah ketemu klik kanan file ePub-nya lalu pilih properties, kemudian klik tab Open With, pada tab Open With kita bisa memilih aplikasi yang akan dijadikan aplikasi default ketika membuka file berformat ePub.

Karena aplikasi atau software yang akan dijadikan aplikasi default untuk membuka file ePub adalah calibre maka pilih E-Book Viewer pada opsi Recomended Applications terakhir klik tombol Set as default.
Cara Membuka File ePub di Linux
Jika sudah menentukan aplikasi default untuk membuka ebook berformat .ePub, sekarang coba double klik file ePubnya dan hasilnya akan terlihat seperti contoh gambar di bawah, ketika kita resize jendela aplikasi calibrenya maka teks yang ada di dalamnya akan mengikuti ukuran jendela aplikasinya secara otomatis.
Cara Membuka File ePub di Linux
Selain berfungsi sebagai software ePub viewer, calibre juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Gratis tanpa berbayar.
  • User interface yang friendly.
  • Bisa mengubah isi konten seperti teks pada sebuah e-book.
  • Bisa digunakan untuk meng-convert file pdf menjadi epub.
  • Bisa mengubah metadata dari file ePub yang dibuka dengan calibre.
  • Dan lain-lain.

Keren bukan? demikian sedikit ulasan tentang software calibre dan juga tutorial cara membuka file ePub di linux menggunakan calibre, semoga bermanfaat, terimakasih.


Sumber referensi :
Advertisement
This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search