Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux

- September 05, 2019
Cara Modifikasi Pesan Error "Command Not Found" di Terminal Linux - Pada postingan kali ini saya akan membagikan salah satu trik unik yang berkaitan dengan terminal di linux. Jadi triknya adalah memodifikasi pesan error "command not found" ketika kita salah mengetikkan perintah di terminal linux.
Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux
Ketika kita salah mengetikan baris perintah biasanya akan muncul pesan error command not found, maksud dari pesan tersebut yaitu menunjukan kepada kita kalau syntax yang kita ketik tidak ada dan tidak bisa dieksekusi oleh system linux, contoh saya mengetikan perintah exit untuk keluar dari terminal linux, tapi salah ketik jadi exitt maka otomatis akan muncul pesan error seperti gambar dibawah ini.
Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux
Nah, pesan error command not found tersebut bisa kita modifikasi sesuai keinginan, cara ini bisa diterapkan untuk memudahkan pengguna linux yang baru belajar menjalankan perintah-perintah melalui konsol terminal.

Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux

Untuk memodifikasi pesan command not found kita hanya perlu mengedit file .bashrc menggunakan teks editor, kamu bisa pakai teks editor nano, vim, gedit, mousepad, maupun notepadqq.

Contoh disini saya pakai mousepad (mousepad adalah teks editor default desktop XFCE), jalankan perintah di bawah ini.

$ cd ~
$ mousepad .bashrc

Jika file konfigurasi .bashrc sudah terbuka, silahkan copy paste script di bawah ini pada baris paling bawah.
# Modifikasi pesan error command not found | www.kucingganteng.com
command_not_found_handle () {  
       printf "Perintah yang Anda ketik tidak tersedia, silahkan coba perintah yang lain!\n" 
    return 127 
}
Pastikan kamu hanya menambahkan script tersebut di baris paling bawah, jangan sampai mengubah konfigurasi apapun yang sudah ada pada file .bashrc agar tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux
Jika sudah ditambahkan silahkan kamu save dan close file .bashrc-nya. Sekarang silahkan buka terminal baru dan ketikkan perintah yang salah pada terminal, pesan error command not found tadi akan otomatis berubah menjadi pesan yang sudah kita modifikasi.
Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux
Demikian tutorial cara modifikasi pesan error di terminal linux yang bisa saya bagikan kali ini, silahkan dicoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Oh ya, bagi kamu yang baru belajar mengoperasikan komputer dengan sistem operasi berbasis GNU/Linux melalui command line interface (CLI), kamu bisa mempelajari beberapa perintah dasarnya pada artikel berikut.

Baca : Perintah-perintah dasar di terminal linux beserta fungsinya

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search