Mengenal Cloud Storage, Manfaat Cloud Storage dan Jenis-Jenisnya

- September 09, 2019
Apa itu Cloud Storage? dan Apa Manfaatnya? - Dulu, media penyimpanan pada komputer hanya sebatas media penyimpanan berbentuk fisik saja, misalnya kita mengenal media penyimpanan floppy disk (sudah tidak digunakan lagi), flashdisk dan juga harddisk yang kapasitas penyimpanannya lebih besar. 

Namun media penyimpanan tersebut membutuhkan ruang dan juga proses maintenance yang rutin agar data-data yang disimpan pada media penyimpanan (harddisk misalnya) bisa terjaga dengan baik. Bayangkan jika di suatu perusahaan terdapat server untuk penyimpanan file, dimana server tersebut diakses oleh seluruh karyawan selama 24 jam, maka perusahaan akan terbebani dengan biaya perawatan, perbaikan, bandwidth maupun biaya listrik agar server tersebut selalu online.
Mengenal Jenis-Jenis Cloud Storage dan Manfaatnya
Image taken from : pixabay(dot)com

Dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini media penyimpanan tidak lagi hanya berbentuk fisik saja, namun sudah bertransformasi menjadi cloud storage, yaitu media penyimpanan berbasis cloud (awan) yang disimpan di internet dan dikelola secara professional oleh provider cloud storage.

Dengan cloud storage, memungkinkan kita untuk menyimpan data / file apapun di internet, file yang sudah disimpan di cloud bisa kita akses darimapaun dan kapanpun selama kita terkoneksi ke jaringan internet.

Manfaat Cloud Storage

Dari penjelasan singkat di atas, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan jika menggunakan cloud storage sebagai media penyimpanan, diantaranya yaitu :

  • Skalabilitas, dengan cloud storage kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dan sebagainya. Kita bisa menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud storage kapan saja, bahkan dengan layanan cloud storage kita tidak perlu lagi memindahkan data-data yang sudah disimpan jika suatu saat kita ingin menambah kapasitas penyimpanannya.

  • Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada selama kita memiliki akses internet, data yang kita simpan di cloud storage dapat diakses dari berbagai device seperti smartphone, tablet maupun laptop.

  • Keamanan, data yang kita simpan di cloud akan dijamin keamanannya oleh penyedia layanan cloud storage itu sendiri, sehingga kita tidak lagi dipusingkan bagaimana caranya mengamankan data-data yang kita simpan, ini juga bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengamankan data-data perusahaan. Jika kamu menggunakan cloud storage untuk kebutuhan personal, maka kamu tidak perlu risau jika handphone maupun laptop kamu dicuri oleh orang lain, karena data-data penting akan tetap bisa kamu akses meskipun gadget kamu sudah berpindah tangan.


Jenis-Jenis Cloud Storage

Mengenal Jenis-Jenis Cloud Storage dan Manfaatnya
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan Cloud Storage secara gratis, dengan banyaknya layanan cloud storage memungkinkan kita untuk memilih jenis layanan cloud storage yang cocok untuk kita pakai, untuk itu pada artikel ini saya akan jelaskan jenis - jenis layanan cloud storage yang umum digunakan saat ini.

  • Dropbox, adalah salah satu layanan cloud storage yang sudah dikenal cukup lama, untuk menggunakan layanan cloud storage dari dropbox kamu harus registrasi akun terlebih dahulu di situs resminya www.dropbox.com. Dropbox menyediakan free storage sebesar 2GB untuk penggunaan personal, selain melalui website, kamu juga bisa mengakses akun dropbox melalui aplikasi yang dapat diinstall di PC maupun smartphone. 

  • Google Drive, jika sudah punya account google sebelumnya, maka tidak perlu lagi registrasi akun untuk menikmati layanan cloud storage dari Google Drive, ini karena satu akun gmail sudah bisa tersinkronisasi dengan Google Drive dan layanan google lainnya. Setiap akun akun mendapatkan free storage sebesar 15GB, lumayan kan?

  • Microsoft OneDrive, merupakan layanan cloud storage besutan microsoft, kamu akan mendapatkan free storage sebesar 5GB untuk pertama kali registrasi, dan jika ingin menambah kapasitas penyimpanannya tentunya kamu harus upgrade layanan ke premium. Kelebihan dari OneDrive adalah kamu bisa membeli layanan Office 365 yaitu aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint dll) berbasis cloud computing.

  • Apple iCloud, bagi kamu pengguna handset milik apple baik itu iPad, ataupun iPhone, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus menginsatalnya lagi, dan semua file yang didownload seperti music dari iTunes sudah otomatis tersinkronisasi denga iCloud.

  • MEGA, merupakan layanan cloud storage yang mampu memberikan free storage yang cukup besar, kamu akan mendapatkan free storage sebesar 50GB secara cuma-cuma dengan registrasi akun di situs mega.nz. MEGA menggunakan enkripsi end-to-end yang memungkinkan semua file yang kamu simpan diproteksi menggunakan kunci keamanan yang hanya dipegang oleh kamu saja, jadi kamu tidak perlu kuatir soal keamanan data-data yang kamu simpan di MEGA.

Itulah beberapa layanan cloud storage yang bisa kita gunakan secara gratis untuk menyimpan file-file di cloud. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih. 
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search