Cara Install Desktop Environment MATE di Kali Linux

- Oktober 21, 2019
Cara Install Desktop Environment MATE di Kali Linux - MATE merupakan fork dari GNOME 2, yaitu sebuah lingkungan desktop yang intuitif dan menarik dengan menggunakan metafora tradisional untuk Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya. MATE adalah salah satu desktop environment yang ringan dan mudah dikustomisasi bahkan bagi pengguna baru sekalipun, di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara install desktop environment Xfce4 di Kali Linux.

Karena beragamnya jenis desktop environment yang bisa diinstall di distro kali linux,  untuk itu saya rasa perlu menulis tutorial ini sebagai dokumentasi pribadi dan semoga saja bermanfaat bagi kamu yang ingin menggunakan desktop MATE di Kali Linux.

Aplikasi Standar Desktop MATE

Setiap DE (desktop environment) memiliki aplikasi standar bawaannya sendiri seperti aplikasi file manager, teks editor, image viewer, document viewer dan juga console terminal. Begitu juga dengan desktop MATE ini, dan berikut beberapa aplikasi standar bawaan desktop MATE :

  • Caja - merupakan file manager standar desktop mate (fork dari nautilus).
  • Pluma - teks editor simple yang digunakan untuk keperluan editor teks (fork dari gedit).
  • Eye of MATE - image viewer seperti Eye of Gnome pada desktop Gnome.
  • MATE Terminal - terminal emulator untuk keperluan command line interface.
  • Atril - document viewer seperti evince.

Itulah beberapa aplikasi bawaan khas desktop MATE ketika sudah berhasil kita install, kalau kamu tertarik menginstalnya silahkan ikuti langkah-langkah instalasinya di bawah ini.

Cara Install Desktop MATE di Kali Linux

Sebelum menginstall desktop MATE, kamu harus melakukan update dan upgrade terlebih dulu, buka terminal linux kamu kemudian jalankan perintah berikut di terminal.

# apt-get update && apt-get upgrade -y
Secara default desktop MATE ini sudah tersedia di repository, jadi kita bisa menginstalnya langsung dengan package manager apt-get, silahkan jalankan perintah berikut untuk menginstalnya.

# apt-get install mate-core mate-desktop-environment-extra mate-desktop-environment-extras

Silahkan tunggu beberapa saat, kemudian jika proses instalasinya sudah selesai, silahkan logout dan login kembali menggunakan username dan password yang sama, ketika sudah memasukkan password klik icon "gear" kemudian pilih MATE.

Berikut screenshoot tampilan desktop MATE yang sudah berhasil diinstall di kali linux saya.
Cara Install Desktop Environment MATE di Kali Linux

Cara Menghapus Desktop MATE di Kali Linux

Kalau kamu merasa kurang nyaman menggunakan desktop MATE karena beberapa alasan, kamu juga bisa dengan mudah menghapusnya dari sistem linux dengan mengetikkan perintah berikut di terminal.

# apt-get remove mate-core mate-desktop-environment-extra mate-desktop-environment-extras

Desktop MATE memberikan pengalaman yang berbeda, karena menyuguhkan antar muka yang klasik seperti Gnome 2 karena memang proyek ini merupakan  pengembangan dari Gnome 2, jadi bagi kamu yang merasa kurang nyaman dan tidak bisa menerima interface yang dihadirkan oleh Gnome Shell di Kali Linux, maka desktop MATE bisa jadi salah satu alternatif.

Demikian langkah-langkah cara install desktop MATE di Kali Linux. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search