-->

Cara Membuat Blockquote Keren di Blogspot

- Oktober 20, 2019
Cara Membuat Blockquote Keren di Blogspot - Ketika menulis artikel di blog terkadang ada kalimat atau tulisan yang penting sehingga perlu diblock dengan quote yang sudah tersedia secara default di platform blogger, tapi bagi sebagian blogger khususnya saya pribadi merasa blockquote yang sudah ada di blogger terlalu sederhana dan terkesan membosankan.
Cara Membuat Blockquote Keren di Blogspot
Blockquote berfungsi untuk memperjelas bahwa ada kata atau kalimat yang menjadi point penting pada sebuah artikel, bisa juga kita gunakan untuk mempercantik tampilan blog. Lho kok bisa? Ya, dengan adanya blockquote juga bisa memberikan kesan profesional pada tulisan atau artikel yang kita posting di blog.

Pengertian dan Fungsi Blockquote

Blockquote adalah sebuah mekanisme untuk menandai sebuah blok teks yang dikutip dari orang atau sumber lain, blockquote juga biasa digunakan untuk menandai script seperti HTML, CSS, Javascript ataupun syntax lain pada blog yang memuat konten tutorial, contoh blog yang menggunakan banyak sekali blockquote adalah blog yang sedang kamu baca artikelnya ini.

Membuat Blockquote Keren Dengan CSS di Blogspot

Blockquote yang akan saya share kali ini yaitu blockquote dengan style yang sederhana, rapi dan bisa dibilang keren. Cara memasangnya pun sangat mudah, berikut tutorial cara memasang blocquote keren di blog.

Pertama silahkan login ke dasbor blogger, kalau sudah login kemudian klik menu Template > Edit HTML lalu carilah kode ]]></b:skin> tekan tombol CTRL + F di keyboard untuk memudahkan pencarian, kemudian copy paste kode CSS di bawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>.

blockquote{background: #f5f5f5;border-left:5px solid #4C6C81;margin: 10px;padding:10px;font-size: 16px;color: #575757;;text-align:left}

Terakhir klik tombol Simpan Template untuk menyimpan perubahan.

Cara Penggunaan Blockquote di Blogspot

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan blockquote dengan style baru yang sudah dipasang di template blog kamu. Kalau kamu seorang blogger sudah pasti tahu cara menggunakan blockquote ini, tapi kalau belum tahu biarkan saya beri tahu hehehe ..

Ketika kita menulis entri atau postingan baru dalam mode compose, silahkan block kalimat atau tulisan yang akan dijadikan blockquote, kemudian klik icon Quote di samping kanan atas, silahkan lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
Cara Membuat Blockquote Keren di Blogspot
Kalau postingan sudah disimpan dan dipublikasikan, maka hasilnya akan terlihat seperti ini.
Cara Membuat Blockquote Keren di Blogspot
Nah, begitulah tampilan blockquotenya, keren kan?

Dengan menggunakan blockquote pada artikel yang kita tulis, tentu saja akan memudahkan pembaca untuk mengetahui kalimat penting ataupun intisari dari sebuah artikel yang sedang dibacanya, selain itu artikel kamu juga lebih enak dipandang dan lebih rapi.

Cukup sekian tutorial cara membuat blockquote keren pada blogspot. Semoga bermanfaat dan salam blogger.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search