Cara Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS

- Oktober 23, 2019
Cara Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS - Indicator atau icon status battery di laptop kita memang sangat penting sekali, indicator ini berfungsi agar kita mengetahuhi persentase battery yang tersisa masih berapa persen lagi, tujuannya agar laptop tidak tiba-tiba shutdown karena kehabisan battery ketika kita sedang mengerjakan tugas ataupun mengerjakan sesuatu yang penting di laptop.
Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS
Image taken from : www.pixabay.com

Tapi apakah kamu pernah mengalami kejadian ketika menggunakan laptop dengan sistem operasi berbasis GNU/Linux lalu icon indikator battery tiba-tiba hilang entah kemana?

Kasus seperti ini pernah saya alami ketika menggunakan Linux Elementary OS, dimana setelah saya menyalakan laptop tiba-tiba icon status battery tidak muncul sama sekali, saya juga kurang tahu apa penyebabnya sampai icon status battery di laptop saya hilang begitu saja.
Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS
Kejadian seperti ini tentu saja bisa menjadi masalah, karena tanpa adanya icon indikator battery pada laptop, kita tidak akan mengetahui persentase battery yg tersisa sehingga bisa sangat merugikan kalau suatu saat sedang mengerjakan tugas-tugas penting dan laptop tiba-tiba saja mati sebelum kita menyimpan hasil pekerjaan kita.

Cara Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS

Setelah googling kesana kemari akhirnya saya menemukan cara yang ampuh sekaligus mudah untuk memunculkan kembali icon status battery di Elementary OS yang saya pakai, dan akan saya share triknya di artikel ini, kali aja berguna buat kamu yang mengalami masalah yang sama dengan yang pernah saya alami.

Pertama, kita cek status daemon plugins powernya dengan mengetikkan perintah berikut di terminal.

gsettings list-recursively|grep settings-daemon

Setelah mengetikkan perintah di atas pada terminal, ternyata setingan daemon plugin powernya dalam posisi non-aktif seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS
Untuk memunculkan icon status battery-nya silahkan eksekusi perintah berikut.
 
gsettings set org.gnome.settings-daemon.plugins.power active true
 
Kemudian silahkan log-out lalu login kembali ke desktop Elementary OS kamu dan lihat hasilnya.
Menampilkan Indikator Battery yang Hilang di Elementary OS
Hasilnya ternyata icon indicator battery di laptop saya sudah muncul kembali.

Demikian tutorial cara menampilkan indicator battery yang hilang di Elementary OS, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search