Tutorial Cara Install VirtualBox di Ubuntu 18.04 LTS dan Linux Mint 19.2 Tina

- Oktober 24, 2019
Cara Install VirtualBox di Ubuntu 18.04 LTS dan Linux Mint 19.2 - Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi atau menjalankan sistem operasi tambahan (Guest OS) di dalam sistem operasi utama secara virtual. Sebagai contoh, jika kamu mempunyai sistem operasi utama Linux Mint yang terpasang di komputer, maka kamu juga bisa menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Linux Mint tersebut, tentunya secara virtual.

Lho kok bisa? Bisa sob, dengan virtualbox kita bisa menjalankan sistem operasi apa saja di dalam sistem operasi utama secara virtual, hampir semua sistem operasi yang ada saat ini bisa kita install di virtualbox. Selain sistem operasi komputer, kita juga bisa menginstall sistem operasi jaringan untuk keperluan simulasi, contohnya sistem operasi RouterOS MikroTik dan lain sebagainya.

VirtualBox ini sangat cocok buat kamu yang ingin mencoba-coba OS atau distro linux lain tanpa harus menginstalnya di harddisk langsung. Oke balik lagi ke pembahasan materi, di artikel ini saya akan membagikan tutorial langkah-langkah instalasi VirtualBox 6.0 di Ubuntu 18.04 LTS dan Linux Mint 19.2 Tina.

Cara Install VirtualBox 6.0 di Ubuntu dan Linux Mint

Sebetulnya di repository Ubuntu (termasuk Linux Mint) sudah tersedia software VirtualBox ini yang bisa kita langsung install dengan perintah apt-get, namun versi yang tersedia masih versi lawas yaitu VirtualBox versi 5.

Jadi kalau kamu ingin menginstal versi yang baru, langkah pertama buka terminal, lalu import public key oracle ke dalam sistem Ubuntu / Linux Mint kamu.
$ wget -q https://www.virtualbox.org/download/oracle_vbox_2016.asc -O- | sudo apt-key add -
$ wget -q https://www.virtualbox.org/download/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -
Kemudian kamu harus menambahkan PPA repository dari Oracle dengan perintah berikut.
$ sudo add-apt-repository "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian bionic contrib"
Jika sudah, sekarang update repository dengan perintah berikut.

$ sudo apt-get update

Terakhir install VirtualBoxnya.

$ sudo apt-get install virtualbox-6.0

Silahkan tunggu sampai proses instalasinya selesai. Jika sudah, kamu bisa membuka VirtualBoxnya melalui terminal dengan perintah berikut.

$ virtualbox

Atau kamu juga bisa membukanya melalui menu aplikasi. Berikut adalah contoh screenshoot aplikasi VirtualBox yang sudah berhasil terinstall di laptop saya.
Tutorial Cara Install VirtualBox di Ubuntu 18.04 LTS dan Linux Mint 19.2 Tina
Jika VirtualBox sudah terinstall, selanjutnya kamu tinggal menginstall Guest OSnya saja, untuk tutorial cara menambahkan Guest OS di VirtualBox akan saya posting setelah ini.

Demikian tutorial cara instalasi VirtualBox di Ubuntu dan Linux Mint. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search