Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint

- November 07, 2019
Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint - Screenfetch adalah script bash yang dibuat untuk menampilkan informasi mengenai distro linux yang dipakai melalui console terminal. Informasi yang ditampilkan oleh screenfetch cukup lengkap, misalnya seperti informasi mengenai OS, kernel, desktop environment, GTK Theme, Icon Theme, Font, CPU, GPU dan RAM.

Selain itu, screenfetch juga dapat menampilkan logo dari distro linux yang kita pakai dalam bentuk gambar ASCII, misalnya kamu memakai distro linux ubuntu, maka gambar ASCII yang ditampilkan oleh screenfetch juga yaitu logo distro linux ubuntu. Inilah kenapa screenfetch sering dipakai oleh para linuxer untuk mempercantik tampilan console terminal mereka.

Berikut contoh screenfetch yang sudah saya install.
Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint

Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Turunannya

Di artikel ini saya memberikan tutorial cara install dan memasang screenfetch pada distro linux ubuntu beserta turunannya (linuxmint, backbox, elementary os dan lain-lain).

Untuk instalasinya langsung saja buka console terminal, kemudian jalankan perintah berikut satu-persatu.
$ cd /usr/local/bin/
$ sudo wget https://raw.github.com/KittyKatt/screenFetch/master/screenfetch-dev -O screenfetch
$ sudo chmod +x screenfetch
Jika sudah diinstall, kamu bisa menjalankan screenfetchnya dengan cara mengetikkan perintah.

$ screenfetch

Berikut output yang ditampilkan jika kamu menjalankan screenfetch.
Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint
Logo yang ditampilkan oleh screenfetch adalah logo distro linux yang kamu gunakan saat itu, jika kamu ingin menampilkan logo dari distro linux yang lain, misalnya kamu menggunakan distro ubuntu, tapi ingin menampilkan logo linuxmint maka kamu bisa mengetikkan perintah berikut.

$ screenfetch -A Mint

Hasilnya seperti ini.
Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint
Keren kan?

Tapi screenfetch ini hanya muncul di console terminal jika dijalankan saja, artinya screenfetch tidak otomatis berjalan ketika kita membuka terminal baru. Agar screenfetch otomatis muncul ketika kita membuka terminal, maka kita harus menambahkannya ke dalam file .bashrc.

Caranya buka file bashrc dengan teks editor, misalnya pakai gedit.

$ gedit .bashrc

Kemudian tambahkan screenfetch di baris paling bawah seperti contoh berikut.
Cara Install Screenfetch di Ubuntu dan Linux Mint
Kemudian simpan file bashrc-nya, setelah itu coba kamu buka terminal baru, harusnya screenfetch otomatis muncul begitu kamu membuka console terminal.

Nah begitulah langkah-langkah cara install screenfetch di ubuntu, linuxmint beserta turunannya. Selain screenfetch, kamu juga bisa menginstall alternatif lainnya yaitu Archey, fungsinya sama saja seperti screenfetch yang baru saja kita bahas, panduan cara instalasi Archey bisa kamu baca melalui link berikut.


Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search