Cara Menambahkan User Biasa di Kali Linux

- Desember 12, 2019
Tutorial Cara Menambahkan User Biasa di Kali Linux  - Kali Linux merupakan salah satu distro linux yang dirancang khusus untuk keperluan penetration and testing, distro linux ini sudah dilengkapi lebih dari 300 tools yang bisa digunakan untuk keperluan hacking, kebanyakan tool-tool tersebut harus dijalankan dengan mode root atau superuser, dan karena alasan itulah default user di kali linux ini adalah user root.
Cara Menambahkan User Biasa di Kali Linux
User root sendiri merupakan user kasta tertinggi pada sistem operasi berbasis GNU/Linux, user root ini sama halnya dengan user administrator di Windows.

Sangat tidak dianjurkan jika setiap hari kita login sebagai root, hal ini karena user root memiliki hak akses tak terbatas terhadap sistem linux kita, ada beberapa resiko yang bisa saja terjadi apabila kita bekerja sehari-hari menggunakan user root, salah satunya kesalahan mengetikan perintah yang bisa mengakibatkan rusaknya sistem linux, atau bisa saja komputer kita terserang malware berbahaya, hal ini tentu akan sangat beresiko manakala kita sedang mengoperasikan komputer dengan mode superuser yang memiliki hak akses penuh terhadap sistem.

Cara Menambahkan User Biasa di Kali Linux

Karana alasan itulah ada baiknya kalau kita menambahkan user biasa di kali linux yang kita pakai untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, caranya menamabkan user biasa di kali linux sebetulnya sama saja seperti membuat user biasa di distro linux lainnya seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Baca juga : Tutorial cara membuat user biasa di Linux

Lanjut, untuk menambahkan user biasa di kali linux silahkan buka jendela terminal kamu, kemudian ketikkan perintah berikut.

# useradd -m username
Note : -m berfungsi untuk membuat direktori user, contohnya /home/username, selain itu kamu juga bisa mengganti kata "username" dengan user yang kamu inginkan, misalnya seperti ini.

# useradd -m kucingganteng

Jika sudah, sekarang kita tambahkan password untuk user yang kita buat dengan perintah berikut.

# passwd username

Dikarenakan user yang kita buat baru ini adalah user biasa yang punya hak akses terbatas, maka kalau kita harus menambahkan user tersebut ke group sudo, tujuannya agar bisa mengeksekusi perintah dengan sudo.

# usermod -a -G sudo username

Terakhir kita harus menambahkan user ke default shell.

# chsh -s /bin/bash username

Nah sampai disini kita sudah berhasil membuat user biasa di kali linux. Untuk mengetes apakah user tersebut sudah bisa digunakan atau belum, caranya silahkan logout dan login kembali dengan user yang sudah dibuat tadi, harusnya sudah bisa login.

Kesimpulan

Setiap kali kita membuat atau menambahkan user pada sistem linux yang kita pakai, maka otomatis direktori untuk user tersebut juga ikut ke-create, tujuannya yaitu agar setiap user yang login bisa masuk ke direktorinya masing-masing, jadi ini sangat disarankan apabila PC/Laptop yang kamu gunakan dipakai juga oleh user yang lain.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search