-->

Tutorial Cara Uninstall VMware Workstation Player di Linux

- Desember 18, 2020

Tutorial Cara Uninstall VMware Player di Linux - Di artikel sebelumnya, blog kucingganteng.com sudah membahas apa itu VMware Player dan juga bagaimana melakukan prosedur instalasi VMware Player di Ubuntu 20.04 dan turunannya.

Baca : Tutorial Cara Install VMware Player di Linux

Kalau ada yang belum tau apa itu VMware Player dan apa fungsinya? Jadi, VMware Player ini adalah perangkat lunak virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat mesin virtual di atas sistem operasi utama, lalu kamu bisa menjalankan sistem operasi tambahan (Guest OS) di dalam mesin virtual tersebut.

Sistem operasi yang bisa dijalankan pun beragam, mulai dari sistem operasi komputer seperti Windows, GNU/Linux, Novel NetWare, Solaris & FreeBSD. Dan juga sistem operasi jaringan seperti MikroTik RouterOS, Fortigate dan lain-lain.

Tutorial Cara Uninstall VMware Workstation Player di Linux


Cara Uninstall VMware Player di Linux

Dikarenakan VMware Player ini tidak diinstall menggunakan paket manajemen apt-get, jadi kamu juga tidak bisa menghapus VMware Player ini dengan perintah “sudo apt-get remove”, lalu dengan perintah apa kita bisa menghapus VMware Player?

Nah karena itulah artikel ini dibuat, di artikel ini blog kucingganteng.com akan menjelaskan langkah-langkah cara meng-uninstall VMware Player di distro linux Ubuntu dan turuannya.

Untuk meng-uninstall VMware Player ini cukup mudah, silahkan kamu buka console terminal, kemudian jalankan perintah berikut :

$ sudo vmware-installer -u PRODUCT
Perintah di atas berguna untuk mengetahui jenis produk VMware yang terinstall di komputer kita. Berikut adalah contoh output dari perintah di atas.


Tutorial Cara Uninstall VMware Workstation Player di Linux
Dari contoh gambar di atas diketahui bahwa produk VMware yang terinstall yaitu “vmware-player”.
 
Setelah itu, jalankan perintah berikut untuk meng-uninstall VMware Player.
$ sudo vmware-installer -u vmware-player 
Jika muncul pertanyaan seperti ini, silahkan langsung tekan tombol Enter.
All configuration information is about to be removed. Do you wish to
keep your configuration files? You can also input 'quit' or 'q' to
cancel uninstallation. [yes]:
Kemudian tunggu sampai proses uninstall-nya selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Tutorial Cara Uninstall VMware Workstation Player di Linux
Sekarang VMware Player sudah berhasil di-uninstall dan kalau kamu cari melalui menu aplikasi pasti sudah tidak ada lagi.

Nah begitulah langkah-langkah cara menghapus VMware Player di GNU/Linux. Di artikel berikutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat virtual machine baru di VMware Player dan menjalankan sistem operasi tambahan di dalam virtual machine yang kita buat.
 
Semoga bermanfaat & terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search